Sabtu, 07 November 2009

mass media is such a serial killer...

Tadi siang, saya baru saja menyaksikan Infotainment di R**I, yang mempunyai moto setajam si**t. yeah another sucks program with annoying presenter...tiba-tiba saya terpikir kalau media massa ternyata mempunyai daya bunuh yang luar biasa. silahkan kalau tidak setuju. tunggu sampai kalian membaca postingan ini. atau memang kalian sudah berfikir dari dulu dan mungkin memang saya yang telat menyadarinya. whatever...
disitu diberitakan tentang kiamat tahun 2012. Waww...mengerikan bukan...tapi apa yang sebenarnya benar-benar mengerikan?? apakah kiamat yang (mungkin) akan benar-benar terjadi tahun 2012, atau media massa itu sendiri. membingungkan yah...
begini... sebelumnya, apakah kalian percaya dengan salah satu fungsi media massa yang memberikan informasi secara akurat, aktual, faktual, dan lainnya?? saya tidak... lalu apakah kalian percaya dengan "sifat" media massa yang diharuskan untuk bersifat seimbang, impartial, tidak memihak??? Hufhh...saya sama sekali tidak...
Saya teringat kalimat dari matthew farrel seorang hacker dari film die hard 4.0 (saya lupa kata-katanya) yang intinya mengatakan "berita beserta iklan-iklannya mempunyai fungsi tidak lain hanyalah menciptakan ketakutan manusia".
kita mungkin tidak menyadarinya. karena memang media massa selalu terlihat menarik bukan??? tapi begini, contoh gampang dan sederhananya, lihat saja iklan obat jerawat, hanya karena satu jerawat lantas kita menjadi takut keluar rumah dan merasa menjadi orang paling jelek sedunia. lihat juga iklan pemutih kulit, yang seolah-olah mengatakan "kamu tidak akan terlihat cantik jika kulit kamu tidak putih...". media massa dengan iklan-iklannya menciptakan definisi sendiri, jika kamu ingin cantik kamu harus mempunyai tubuh langsing, kulit putih, rambut panjang, dan bla..bla...bla..blaa....

sementara, kalian pernah tau, ada sebuah suku etnis minoritas di myanmar yang bernama suku kayan, mereka mendefinisikan cantik dengan memakai banyak gelang dilehernya. jadi semakin banyak gelang dan semakin panjang lehernya maka akan disebut semakin cantik. sementara jika kita melihatnya, apakah menurut kita mereka benar-benar cantik?? (admit it) nope...they are weird. dan kenapa kita berfikir meraka aneh?? because we consume a media.

lihat bagaimana tayangan-tayangan di berita kriminal yang mengekspose penjahat-penjahat, preman-preman bertato yang diberitakan tertangkap sehabis melakukan pembunuhan, pemerkosaan, perampokan dan lain-lain. sisi lainya, okelah...memang membuat kita waspada (thx to it) tapi apa kita benar-benar waspada, atau hanya menciptakan ketakutan dibenak kita?? karena sehabis menonton berita kriminal, entah kenapa tiba-tiba saya
merasa was-was melihat orang berbadan besar dan bertato duduk disebelah saya letika saya di bus.
kemudian, masih ingat dengan tragedi Ryan Jagal dan bocah (yang katanya) ajaib dari jombang?? dengan pemberitaan yang gila-gilaan dari media massa, apa yang terlintas di benak kita jika mengingat kota jombang??apakah yang terlintas di benak kita adalah sebuah kota yang dipenuhi pesantren2 dan kota santri?? bukan...Ryan sang penjagal dan ponari lah yg terlintas dibenak kita.
Dan kiamat 2012 yang menjadi isu internasional saat ini sedang ramai dibicarakan di berbagai media. mereka meminta pendapat dari berbagai paranormal (this one sucks) mengenai kejadian ini. mungkin kita bisa saja mengatakan tidak percaya dengan kiamat 2012. tapi dengan ekspose yang gila-gilaan dari media, tidakkah nanti, ketika mendekati bulan desember 2012 akan terjadi kepanikan dan (mungkin)clash antara orang yang mempercayainya dan yang tidak.
Saya sendiri termasuk orang yang tidak percaya kiamat akan terjadi di tahu 2012 karena perhitungan manusia, bisa saja mereka salah dan tidak jadi terjadi, atau bisa jadi lebih cepat. God Rules...

oke, secara keseluruhan, saya tidak membenci media, karena saya mengambil kuliah di jurusan media massa (saya tidak ingin kualat.hahaa...). Saya hanya berusaha melihat sisi lain dari media massa. karena apa yang saya dapatkan di bangku kuliah, tidak sepenuhnya sama dengan apa yang saya saksikan ditelevisi. terlepas dari kepentingan pemilik modal (saya benci membicarakan ini). Yahh...setidaknya...masih banyak hal menyenangkan lainnya dari sebuah mass media. Saya masih suka duduk berjam-jam melihat artis-artis cantik berpakaian seksi, berkulit putih di infotainment, saya senang ketika melihat dua tokoh politik berkelahi ketika sedang berdebat distasiun TV. so much fun huh...
Setelah membaca tulisan ini, apa kalian tiba-tiba merasa was-was dan ketakutan? wajar...karena saya hanya menulis blog, mempublikasikannya, and then i've become part of mass media now.^^

2 komentar:

  1. media massa... ^^ yap... dulu waktu gw kecil.. di tivi pagi-siang sering banget acara film india.. kemudian sorenya acara film kartun.. malemnya box office, berita atau kuis-kuis ^^

    tapi sekarang.. setiap detik.. di mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore,,, yang ada hanya gosip...... bukan fakta/berita.. melainkan gosip...

    ada apa dengan tv?? belum lagi acara2 tivi yang mengaku "REALITY SHOW" padahal hanya orang2 bayaran... mungkin actingnya bagus,,, tapi tulisan,, gerakan,, serta alur cerita bener-bener TIDAK REALITY (mungkin ada dengan persentase kecil)

    ada apa dengan gw ikut2an membicarakan ini??? hahahahaahaa,,

    BalasHapus
  2. Yeaah...REALITY SHOW....not so REAL huh.hahaaa
    baik, mulai sekarang, mari kita dukung program-program yang berkualitas, tapi yang kaya gimana??gw jg bingung.hahaaaa

    BalasHapus